20 Januari 2008

Ponsel Berkamera Disulap Jadi Mouse Komputer

Para peneliti di Inggris sedang mengembangkan software yang membuat ponsel berkamera bisa disulap menjadi mouse komputer. Via teknologi nirkabel Bluetooth, pengguna nantinya bisa menggerakkan cursor di layar monitor hanya dengan menggerakkan ponsel atau menekan tombolnya saja.
The image “http://www.freedomvision.net/images/opti%20mousess2.jpg” cannot be displayed, because it contains errors.
Adalah Dan Jackson dan Patrick Oliver dari Newcastle University serta Nick Pears dari York University, Inggris, yang mengembangkan teknologi ini. Salah satu manfaat teknologi ini, misalnya, untuk memudahkan pembelian tiket bioskop atau kereta via layar komputer di tempat umum, hanya dengan memakai ponsel.

Hebatnya lagi, ponsel dapat mengendalikan komputer dari berbagai sudut via teknologi ini. Pasalnya, komputer dan ponsel berkamera akan bekerja sama mengatur koordinat layar monitor saat ponsel digerakkan. Komputer bisa melacak keberadaan ponsel dengan teknologi pemrosesan gambar.

Para peneliti mengungkapkan bahwa mereka mengembangkan software tersebut untuk sistem operasi Symbian dan Windows Mobile OS untuk PDA (Personal Digital Assistant) serta ponsel berkamera.

Dikutip dari PCworld



[get this widget]

0 komentar: